Mengenai Saya

Foto saya
Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia
Dilahirkan dari Kakek dan Ortu seorang guru 49 tahun yang silam tepatnya 30 okt 59.menempuh pendidikan formal SD 71 SMP 74 SPG 77 Sarmud IKIP th 80 S1 86 Magister menejemen 96 di Jogyakarta.Pekerjaan gr SD 77 -80 Karyw. Cab Dinas Pendd 80 - 85 gr SPG 81 - 84 gr SMP 84 - 92 Ka sek SMP 93 - 2001 Ka sek SMA Kalitidu Bjn 2001 - 2008 Kasek SMA 3 Bjn 2008 - Mart 2009. Terpilih sebagai gr Teladan Nas. th 1992 dan mengikuti pendidikan pada Japan Foundation di Jepang th 1993 sebagai alumnus Japan Foundation Scholarship th 93 dan kini aktif sbg Ketua Takmir masjid Darul Fattah Bjn.bergabung dgn SNA Brain Based Support sejak 26 mart 09 dibawah pimpinan dr Obed.Berbagai pelatihan pengembangan bahan ajr, metode pembelajaran pengembangan kurikulum sekolah dan peletihan menejemen telah kami ikuti. Kesimpulan Saya pemerintah dan negara ini tak punya komitmen dan konsisten dalam penanaman investasi di bidang pendidikan apalagi setelah era OTODA terasa lebih megedepankan kepentingan kekuasaan sesaat. Semoga segera muncul politisi politisi yang NEGARAWAN.Kini kami diKaruniai tiga Orang putera dan puteri dari istri KHUSNUL KHOTIMAH yang sholehah dan sangat mensuport perjalanan hidup kami.

Selasa, 10 Januari 2012


INSTRUMEN MONITORING MINU NURUL ULUM
OLEH PENGURUS MABIN BIDANG PENDIDIKAN
1.    STANDART ISI

Komponen
Indikator

Tingkat Pencapaian Kinerja
Nilai
Bukti-bukti pendukung
penilaian
·     Kurikulum
1.1 Mendokumentasikan
      Kurikulum

4
Melakukan inovasi kurikulum berdasarkan kebutuhan siswa dan karakteristik daerah

·      Arsip Dokumen Kurikulum
·      Hasil wawancara dengan Wakamad kurikulum
·      Hasil wawancara dengan Kepala Madrasah
3
Memiliki dokumen  kurikulum lengkap yang disusun sendiri sesuai standar

2
Memiliki dokumen kurikulum yang lengkap

1
Memiliki dokumen kurikulum tetapi tidak lengkap







·     Silabus
1.2  Memiliki silabus (yang dikembangkan oleh madrasah untuk memenuhi kebutuhan peserta didik)

4
Melakukan inovasi pengembangan silabus

·      Arsip Dokumen Silabus
·      Hasil wawancara dengan Wakamad kurikulum
·      Hasil wawancara dengan ustad/ustadah
3
Memiliki dokumen silabus lengkap yang  disusun sendiri sesuai standar

2
Memiliki dokumen silabus lengkap

1
Memiliki dokumen silabus tetapi tidak lengkap







·     RPP
1.3  Memiliki RPP
4
Melakukan inovasi pengembangan RPP yang relevan dengan silabus

·      Arsip Dokumen RPP
·      Hasil wawancara dengan Wakamad kurikulum
·      Hasil Wawancara dengan ustad/ustadah
3
Memiliki dokumen RPP lengkap yang disusun sendiri sesuai standar.

2
Memiliki dokumen RPP

1
Tidak memiliki dokumen RPP.

1.4 Menunjukkan hasil-
      hasil perbaikan dalam 
      penyusunan silabus        dan RPP

4
Melaksanakan perbaikan Silabus dan RPP secara terus-menerus setiap tahun pelajaran untuk semua mata pelajaran dikoordinasikan oleh madrasah.


·   Bukti hasil kegiatan kajian Silabus dan RPP
·   Bukti pelaksanaan kegiatan kajian Silabus dan RPP yang melibatkan seluruh ustad/ustadah
·   Bukti bahan kajian Silabus dan RPP
·   Hasil analisis kandungan RPP
3
Melaksanakan perbaikan silabus dan RPP setiap tahun dilakukan oleh semua ustad/ustadah mata pelajaran, namun tidak dikoordinasikan oleh madrasah


2
Perbaikan silabus dan RPP belum dilakukan oleh semua ustad/ustadah, kurang perhatian dari madrasah, dan hasilnya dilaporkan jika diminta.


1
Tidak melakukan kegiatan perbaikan Silabus dan RPP






1.5  Menunjukkan indikator kompetensi hasil belajar yang sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan kecerdasan.
4
Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif

·   Indikator silabus
·   Tujuan Pembelajaran pada RPP
·   Metode Pembelajaran pada RPP
3
Meningkatkan kemampuan berpikir evaluatif

2
Meningkatkan kemampuan berpikir penerapan dan analisis

1
Meningkatkan kemampuan berpikir level ingatan dan pemahaman






1.6  Menyusun  instrumen penilaian yang sesuai dengan indikator hasil belajar
4
Mengembangkan instrumen penilaian yang seluruhnya relevan dengan indikator dan kompetensi dasar.

·     RPP
·     Naskah soal ulangan
·     Himpunan/Bank Soal
·     Instrumen penilaian

3
Mengembangkan instrumen penilaian yang sebagian besar relevan dengan indikator dan kompetensi dasar

2
Mengembangkan instrumen penilaian namun tidak relevan dengan indikator dan kompetensi dasar.

1
Tidak mengembangkan instrumen penilaian






CATATAN HASIL PENILAIAN STANDAR ISI

Deskripsi Keunggulan


Deskripsi kelemahan


Kesimpulan Penilaian


Rekomendasi Perbaikan





2,STANDAR PROSES

Komponen

Indikator
Operasional

Tingkat Pencapaian Kinerja

Nilai
Bukti-bukti pendukung
penilaian
·     Strategi pembelajaran







2.1  Menerapkan strategi pembelajaran beragam
4


Seluruh ustad/ustadah sudah menerapkan strategi pembelajaran beragam (aktif, kolaboratif, efektif, inovatif, dan menyenangkan)

·         Perangkat pembelajaran  strategi pebelajaran
·         Hasil supervisi kelas
·         Hasil wawancara dengan siswa
·         RPP
3


Sebagian besar ustad/ustadah telah menerapkan strategi pembelajaran yang beragam

 2
Hanya beberapa ustad/ustadah  menerapkan strategi pembelajaran yang beragam

1
Belum ada ustad/ustadah  yang menerapkan strategi pembelajaran beragam


·      Kegiatan  pembelajaran














·      Hasil-hasil karya peserta didik


















·      Budaya baca tulis





2.2  Menerapkan siklus/struktur kegiatan pembelajaran yang efektif

4



Seluruh ustad/ustadah telah menerapkan kegiatan  pembelajaran yang efektif (eksploratif, elaboratif dan konfirmatif).

·         Perangkat kegiatan pembelajaran 
·         Hasil supervisi kelas
·         Hasil wawancara dengan siswa
3




Sebagian besar ustad/ustadah telah menerapkan kegiatan  pembelajaran yang efektif (eksploratif, elaboratif dan konfirmatif).

2

Hanya beberapa ustad/ustadah telah menerapkan kegiatan  pembelajaran yang efektif (eksploratif, elaboratif dan konfirmatif).
1
Belum ada ustad/ustadah yang  menerapkan kegiatan  pembelajaran yang efektif (eksploratif, elaboratif dan konfirmatif).

2.3  Memperbaiki kinerja mengajar melalui penelitian tindakan kelas (PTK)





4

Seluruh ustad/ustadah telah melaksanakan PTK  sesuai kebutuhan

·      Laporan PTK
·      Hasil supervisi
3

Sebagian besar ustad/ustadah telah melaksanakan PTK sesuai kebutuhan

2

Hanya beberapa ustad/ustadah telah melaksanakan PTK sesuai kebutuhan

1
 Belum ada ustad/ustadah yang melaksanakan PTK


2.4  Memajang hasil karya peserta didik


4

Seluruh ustad/ustadah memajang hasil karya peserta didik.

·      Pajangan hasil karya peserta didik.

3

Sebagian besar ustad/ustadah  memajang hasil karya peserta didik.

2


Hanya beberapa ustad/ustadah  memajang hasil karya peserta didik



1

Belum ada ustad/ustadah memajang hasil karya peserta didik





2.5  Meningkatkan aktivitas membaca dan menulis












4


Membaca dan menulis telah menjadi budaya madrasah


·      Program kerja madrasah
·      Perpustakaan yang memadai
·      Hasil-hasil lomba terkait dengan budaya membaca dan menulis
·      Majalah dinding
3



Madrasah memfasilitasi tumbuhnya budaya membaca dan menulis sesuai dengan program madrasah


2



Sudah ada program/kegiatan untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis di madrasah


1
Belum ada program/kegiatan yang mendorong tumbuhnya budaya membaca dan menulis



CATATAN HASIL PENILAIAN STANDAR PROSES
Deskripsi Keunggulan

Deskripsi kelemahan

Kesimpulan
Penilaian

Rekomendasi Perbaikan


3.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

Komponen
Indikator
Operasional

Tingkat Pencapaian Kinerja
Nilai
Bukti-bukti pendukung
penilaian
·         Kemampuan berpikir kritis











3.1 Menunjukkan prestasi   
      Akademik    
4


Memiliki rata-rata hasil belajar peserta didik pada seluruh mata pelajaran melebihi standar ketuntasan belajar nasional


·      Dokumen hasil penetapan KKM setiap tahun.
·      Hasil pencapaian KKM

3


Memiliki rata-rata hasil belajar peserta didik pada sebagian besar mata pelajaran sesuai dengan standar ketuntasan belajar nasional


2



Memiliki rata-rata hasil belajar peserta didik  pada mata pelajaran tertentu berada di bawah standar ketuntasan belajar nasional


1

Rata-rata hasil belajar peserta didik pada semua mata pelajaran berada di bawah standar ketuntasan nasional

·     Budi pekerti yang luhur
3.2 Berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku
4

Tata tertib madrasah telah menjadi budaya berperilaku di madrasah

·     Tata tertib madrasah
·     Buku catatan kasus di madrasah
·     Rata-rata persentase kehadiran warga madrasah
3

Tata tertib madrasah menjadi acuan dalam berperilaku bagi seluruh warga madrasah

2



Tata tertib madrasah belum menjadi acuan dalam berperilaku seluruh warga di madrasah

1
Tata tertib madrasah tidak menjadi acuan dalam berperilaku bagi sebagian besar warga madrasah





CATATAN HASIL PENILAIAN SKL

Deskripsi Keunggulan




Deskripsi
kelemahan

Kesimpulan
Penilaian

Rekomendasi Perbaikan





4.STANDAR PENILAIAN

Komponen
Indikator

Tingkat Pencapaian Kinerja
Nilai
Bukti-bukti pendukung
penilaian
·        Ketuntasan belajar





4.1  Memiliki data ketuntasan hasil belajar
4

Madrasah/seluruh ustad/ustadah memiliki dokumen penilaian yang sistematis

·      Dokumen penentuan KKM
·      Daftar nilai
Dokumen program semester
3

Sebagian besar ustad/ustadah memiliki dokumen penilaian yang sistematis .

2

Hanya beberapa ustad/ustadah memiliki dokumen penilaian yang sistematis

1
Madrasah/ustad/ustadah tidak memiliki
dokumen penilaian yang sistematis


·        Analisis hasil penilaian

4.2  Memiliki hasil analisis penilaian
4



Madrasah/seluruh ustad/ustadah melaksanakan analisis penilaian hasil belajar secara sistematis

·      Dokumen analisis hasil belajar peserta didik.
·      Buku nilai

3



Sebagian besar ustad/ustadah melaksanakan analisis penilaian hasil belajar secara sistematis .


2



Hanya beberapa ustad/ustadah melaksanakan analisis penilaian hasil belajar secara sistematis .


1
Madrasah/ustad/ustadah tidak melaksanakan analisis penilaian hasil belajar secara sistematis.



·        Perbaikan dan pengayaan

5                    4.3  Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
4


Seluruh ustad/ustadah memiliki dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan.

·         Dokumen program perbaikan dan pengayaan.
·         Dokumen hasil perbaikan dan pengayaan
·         Buku nilai
3


Sebagian besar ustad/ustadah memiliki dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan.

2


Hanya beberapa ustad/ustadah memiliki dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan.

1
Belum ada ustad/ustadah yang memiliki dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan.

·        Laporan hasil belajar
4.4  Membuat laporan hasil belajar
4




Madrasah secara periodik membuat laporan hasil belajar dalam bentuk hasil ulangan harian, hasil remedial, UTS,  UAS, dan rapor kepada orang tua

·      Dokumen laporan hasil ulangan harian
·      Dokumen laporan hasil program remedial
·      Dokumen laporan hasil UTS
·      Dokumen laporan hasil UAS
·      Bukti penyerahan rapor kepada orang tua.
·      Buku leger
3


Madrasah membuat laporan hasil belajar dalam bentuk hasil UTS, UAS, dan rapor kepada orang tua

2



Madrasah membuat laporan hasil belajar dalam bentuk hasil UTS dan rapor kepada orang tua


1
Madrasah membuat laporan hasil belajar hanya dalam bentuk rapor kepada orang tua.





CATATAN HASIL PENILAIAN STANDAR PENILAIAN

Deskripsi Keunggulan

Deskripsi
kelemahan

Kesimpulan
Penilaian

Rekomendasi Perbaikan














5       STANDAR PENGELOLAAN

Komponen
Indikator

Tingkat Pencapaian Kinerja
Nilai
Bukti-bukti pendukung
penilaian
·     Visi dan Misi
5.1 Menjadikan Visi dan Misi sebagai rujukan

4
Visi dan misi dirumuskan bersama, di sosialisasikan, dipahami oleh semua yang berkepentingan, dan diwujudkan dalam kegiatan madrasah.

·      Rumusan Visi dan Misi
·      Notula rapat perumusan Visi dan Misi
·      SK madrasah tentang penetapan visi dan Misi
·      Bukti sosialisasi
·      Dokumen program yang memuat Visi dan Misi.
·      Hasil wawancara dengan warga madrasah

3
Visi dan misi dirumuskan bersama, disosialisasikan dan dipahami bersama, namun belum sepenuhnya diwujudkan dalam kegiatan madrasah

2
Visi dan misi dirumuskan bersama, disosialisasikan dan dipahami bersama.

1
Memiliki rumusan visi dan misi namun belum disosialisasikan







·     RPS
5.2  Rencana Pengembangan Madrasah (RPS)

4
Madrasah mengembangkan RPS merujuk pada hasil analisis EDS  serta melaksanakan rencana pengembangan

·      Bukti kegiatan EDS
·      Dokumen Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAS)
·      Dokumen Rencana Kegiatan Tahunan (RKT)

3
Madrasah mengembangkan RPS didukung hasil EDS namun belum sepenuhnya melaksanakan rencana pengembangan.

2
Madrasah mengembangkan RPS tanpa didukung hasil analisis EDS.

1
Madrasah belum memiliki RPS

·     Tim kerja
5.3  Tim kerja

4
Madrasah mengembangkan tim kerja yang didukung dengan struktur pengorganisasian, pembagian tugas pokok dan fungsi, target kinerja serta memiliki evaluasi pencapaian.

·      Bukti kinerja Tim
·      Notula rapat kerja Tim
·      Surat Keputusan Penetapan Tim

3
Madrasah mengembangkan tim kerja yang didukung dengan struktur pengorganisasian, pembagian tugas pokok dan fungsi serta target kinerja.

2
Madrasah mengembangkan tim kerja yang didukung dengan struktur pengorganisasian, pembagian tugas pokok dan fungsi, tanpa target kinerja.


1
Madrasah mengembangkan tim kerja tanpa didukung dengan struktur pengorganisasian, pembagian tugas pokok dan fungsi, target kinerja serta evaluasi pencapaian yang jelas.







·    Kemitraan
5.4  Kemitraan madrasah dengan (1).Asosiasi Alumni        (2) Komite Madrasah        (3) Masyarakat sekitar,  (4) Lembaga Masyarakat, (5) Dunia usaha,             (6) Pemerintah setempat    
       (7) Madrasah mitra.

4
Madrasah menjalin kemitraan dengan  6 - 7 pihak


·      Bukti kinerja kemitraan
·      Notula rapat kemitraan
·      Piagam kerjasama
·      Surat perjanjian kerjasama
·      Dokumen dalam bentuk foto/video/kliping
3
Madrasah menjalin kemitraan dengan   4 - 5 pihak


2

Madrasah menjalin kemitraan dengan   2 -3 pihak


1
Madrasah menjalin kemitraan dengan   1
pihak

·    Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
5.5  Perencanaan teknologi, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

4
Madrasah telah mengembangkan sistem perencanaan TIK yang meliputi komponen jaringan, perangkat komputer, pengembangan software dan mutu sumber daya manusia.

·      Sistem jaringan terpasang
·      Produk aplikasi Software
·      Bukti fisik komputer dan perangkatnya
·      Dokumen perencanaan pengembangan SDM
3
Madrasah telah mengembangkan sistem perencanaan TIK yang meliputi perangkat komputer, pengembangan software dan mutu sumber daya manusia, namun belum menggunakan sistem jaringan.


2
Madrasah telah memiliki perencanaan TIK yang meliputi perangkat komputer dan software, namun belum menggunakan sistem jaringan dan belum memiliki sumber daya manusia yang memadai.


1
Madrasah belum memiliki perencanaan tentang pengembangan TIK.







5.6 Sistem informasi

4
Madrasah menerapkan program TIK berbasis internet sebagai penunjang kegiatan pembelajaran, pengelolaan akademik dan pengelolaan administrasi madrasah.

·      Sistem jaringan terpasang
·      Produk aplikasi Software diimplementasikan
·      Bukti fisik komputer dan perangkatnya
·      Pelaksanaan pengembangan SDM.

3
Madrasah menerapkan program TIK sebagai penunjang kegiatan pembelajaran, pengelolaan akademik, dan pengelolaan administrasi madrasah, namun belum berbasis internet.

2
Madrasah telah menerapkan sistem TIK dalam pengelolaan pembelajaran dan  administrasi madrasah.

1
Madrasah belum menerapkan sistem TIK dalam pengelolaan administrasi madrasah maupun dalam pembelajaran.


·     Supervisi
5.7  Supervisi   pengelolaan
4
Madrasah melaksanakan supervisi  melalui empat tahap pelaksanaan kegiatan meliputi (1) perencanaan dengan tujuan yang terukur, (2) mengembangkan perangkat supervisi, (3) memiliki dokumen pelaksanaan, dan (4) memiliki dokumen perbaikan mutu pengelolaan.

·         Rencana Kegiatan Supervisi
·         Dokumen Pelaksanaan
·         Dokumen perbaikan mutu
3
Madrasah melaksanakan supervisi   meliputi (1) perencanaan dengan tujuan yang terukur, (2) mengembangkan perangkat supervisi, (3) dan memiliki dokumen pelaksanaan, namun tidak  memiliki dokumen perbaikan mutu pengelolaan.




2
Madrasah melaksanakan supervisi  melalui pelaksanaan kegiatan meliputi (1) perencanaan dengan tujuan yang terukur, (2) mengembangkan perangkat  supervisi tanpa didasari dengan perencanaan dan pelaksanaan perbaikan mutu.

1
Madrasah belum melaksanakan supervisi.

5.8  Supervisi Pembelajaran

4
Madrasah melaksanakan supervisi  pembelajaran melalui empat tahap pelaksanaan kegiatan meliputi (1) perencanaan dengan tujuan pembelajaran yang terukur, (2) mengembangkan perangkat supervisi pembelajaran, (3) memiliki dokumen pelaksanaan, dan (4) memiliki dokumen perbaikan mutu pembelajaran.

·         Rencana Kegiatan Supervisi
·         Dokumen Pelaksanaan
·         Dokumen perbaikan mutu
3
Madrasah melaksanakan supervisi pembelajaran meliputi (1) perencanaan dengan tujuan pembelajaran yang terukur, (2) mengembangkan perangkat supervisi pembelajaran, (3) dan memiliki dokumen pelaksanaan, namun tidak  memiliki dokumen perbaikan mutu pembelajaran.


2
Madrasah melaksanakan supervisi pembelajaran meliputi (1) perencanaan dengan tujuan yang terukur, (2) mengembangkan perangkat supervisi tanpa didasari dengan perencanaan dan pelaksanaan perbaikan mutu pembelajaran


1
Madrasah tidak memiliki dokumen perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan supervisi pembelajaran








CATATAN HASIL PENILAIAN STANDAR PENGELOLAAN

Deskripsi Keunggulan

Deskripsi kelemahan

Kesimpulan Penilaian

Rekomendasi Perbaikan




6       STANDAR TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN


Komponen


Indikator

Tingkat Pencapaian Kinerja
Nilai
Bukti-bukti pendukung
penilaian
·     Pemetaan kebutuhan
6.1 Madrasah membuat pemetaan kebutuhan ustad/ustadah dan tenaga kependidikan.
4
Melaksanakan pemetaan  kebutuhan tenaga ustad/ustadah dan tenaga kependidikan lainnya  sesuai dengan ratio kebutuhan untuk setiap tahun pelajaran.

·         Data Statistik Organisasi (DSO)
·         Format data kebutuhan Ustad/ustadah dan Tenaga kependidikan
·         Laporan bulanan
3
Melaksanakan pemetaan  kebutuhan untuk tenaga ustad/ustadah  dan tenaga administrasi madrasah   

2
Melaksanakan pemetaan  kebutuhan  untuk tenaga ustad/ustadah saja.

1
Pemenuhan kebutuhan ustad/ustadah dan tenaga kependidikan tergantung dari Dinas Ustad/ustadahan

  • Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi

6.2  Menyediakan  biaya/kesempatan  untuk mendukung peningkatan kompetensi dan kualifikasi
4
Memiliki program peningkatan kompetensi dan kualifikasi personal  dalam program madrasah  yang didukung sumber dana dalam RKAS, untuk setiap tahun secara berkesinambungan 

·         Dokumen RKAS

3
Memiliki program peningkatan kompetensi dan kualifikasi personal ,yang disesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada di madrasah

2
Memiliki program peningkatan kompetensi dan kualifikasi hanya untuk ustad/ustadah dan kepala madrasah saja

1
Tidak memiliki program peningkatan kompetensi dan kualifikasi pada program kerja madrasah


6.3  Melakukan kegiatan peningkatan kompetensi dan kualifikasi
4
Melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi  dan kualifikasi ustad/ustadah melalui pemberian beasiswa, IHT, KKG, MGMP, dan mengikutsertakan Diklat yang dilaksanakan tingkat  Kota/Kabupaten atau Propinsi, baik untuk ustad/ustadah maupun tenaga kependidikan lainnya, sesuai dengan program madrasah


·         Laporan kegiatan peningkatan
·         Hasil wawancara dengan ustad/ustadah dan tenaga kependidikan 
3
Melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi dan kualifikasi melalui  kesempatan mengikuti kegiatan KKG/MGMP bagi ustad/ustadah dan  program Diklat tingkat Kab/Kota atau Propinsi bagi ustad/ustadah maupun tenaga kependidikan lainnya


2
Kegiatan peningkatan kompetensi dan kualifikasi tergantung ada tidaknya panggilan untuk pelatihan baik bagi ustad/ustadah ataupun tenaga kependidikan lainnya


1
Tidak ada  bukti kegiatan yang dilaksanakan  baik di madrasah maupun diluar  untuk peningkatan kompetensi dan kualifikasi ustad/ustadah dan tenaga kependidikan lainnya.




6.4  Penilaian Kinerja
4
Memiliki dan memanfaatkan sistem/instrumen penilaian kinerja ustad/ustadah dan tenaga kependidikan.


·         Instrumen Penilaian Kinerja Ustad/ustadah (IPKG) dan alat penilaian kinerja tenaga kependidikan
·         DP3
·         Hasil penilaian kinerja
3
Memanfaatkan hasil penilaian kinerja  ustad/ustadah dan tenaga kependidikan


2
Menunjukkan hasil penilaian kinerja ustad/ustadah dan tenaga kependidikan


1
Tidak memiliki instrumen penilaian dan hasil penilaian kinerja










CATATAN HASIL PENILAIAN STANDAR USTAD/USTADAH DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Deskripsi Keunggulan



Deskripsi kelemahan



Kesimpulan Penilaian



Rekomendasi Perbaikan













7       STANDAR PEMBIAYAAN


Komponen


Indikator

Tingkat Pencapaian Kinerja
Nilai
Bukti-bukti pendukung
penilaian
·         Keterbukaan
7.1 Membahas anggaran setiap program madrasah pada rapat madrasah
4
Madrasah melibatkan seluruh pemangku kepentingan madrasah pada setiap pembahasan anggaran/program madrasah.

·         Notulen rapat pembahasan anggaran.
·         Dokumen kehadiran rapat anggaran.
·         Dokumen  anggaran madrasah.


3
Madrasah melibatkan  ustad/ustadah dan tenaga kependidikan   dalam membahas anggaran /program madrasah

2
Madrasah melibatkan Ka TU dalam membahas anggaran/program madrasah


1
Madrasah tidak melaksanakan rapat pembahasan anggaran /program madrasah







7.2 Memajang laporan efektivitas keterlaksanaan  anggaran di madrasah
4
Madrasah melaporkan kepada seluruh pemangku kepentingan dan memajang laporan kinerja anggaran


·         Pajangan laporan kinerja anggaran madrasah
·         Hasil rapat kinerja angggaran

3
Madrasah memajang laporan hasil kinerja anggaran di beberapa tempat di madrasah


2
Madrasah kadang-kadang memajang laporan hasil kinerja anggaran di ruang kepala madrasah.


1
Madrasah tidak memajang laporan hasil kinerja anggaran madrasah







·   Akuntabilitas
7.3 Menunjukkan ketercapaian target program
4
Madrasah menunjukkan efektivitas pengalokasian anggaran dengan pencapaian target program  lebih dari 90%

·      Laporan pertanggungjawaban keuangan madrasah kepada pemberi dana.
·      Surat-surat pertanggungjawaban keuangan (SPJ)
·      Pembukuan keuangan

3
Madrasah menunjukkan efektivitas pengalokasian anggaran dengan pencapaian target program antara           80 – 90 %


2
Madrasah menunjukkan efektivitas pengalokasian anggaran dengan pencapaian target program antara 70 -79%


1
Madrasah menunjukkan efektivitas pengalokasian anggaran dengan pencapaian target program kurang dari  70 %









7.4 Menunjukkan dampak penggunaan anggaran terhadap peningkatan mutu pelayanan ustad/ustadahan di madrasah
4
Rata-rata Nilai kelulusan 2 (dua) di atas standar kelulusan nasional

·         Pencapaian nilai akademik
·         Nilai UN/UASBN
·         Perbandingan peningkatan anggaran terhadap tingkat keberhasilan pencapaian hasil belajar
3
Rata-rata Nilai kelulusan 1 (satu) di atas standar kelulusan nasional

2
Rata-rata Nilai kelulusan sama dengan standar kelulusan nasional.

1
Rata-rata Nilai kelulusan di bawah standar kelulusan nasional.








  • Kecukupan Anggaran
7.5 Memiliki sumber dana yang dapat memenuhi rencana anggaran kegiatan
4
Madrasah melakukan usaha untuk memiliki sumber dana dan dapat mencukupi seluruh kebutuhan anggaran.


·         Bukti penerimaan sesuai dengan RKAS
·         Bukti kegiatan madrasah dalam mencari sumber dana

3
Madrasah melakukan usaha untuk memiliki sumber dana dan dapat mencukupi sebagian besar kebutuhan anggaran.


2
Madrasah melakukan usaha untuk memiliki sumber dana dan dapat mencukupi sebagian kecil kebutuhan anggaran.


1
Madrasah tidak melakukan usaha dan tidak dapat mencukupi kebutuhan anggaran.








·         Penyediaan bea siswa
7.6 Menyediakan bea siswa untuk memberikan kesempatan belajar yang setara kepada semua peserta didik.
4
Madrasah memfasilitasi seluruh siswa memperoleh kesempatan belajar dengan dukungan bea siswa.


·             Daftar penerima beasiswa
·             SK Kepala Madrasah tentang daftar penerima beasiswa
·             Spanduk madrasah gratis
3
Madrasah memfasilitasi setengah sampai sebagian besar jumlah siswa memperoleh kesempatan belajar dengan dukungan bea siswa.


2
Madrasah memfasilitasi sebagian kecil siswa memperoleh kesempatan belajar dengan dukungan bea siswa

1
Madrasah tidak memfasilitasi  pemberian bea siswa.





CATATAN HASIL PENILAIAN STANDAR PEMBIAYAAN


Deskripsi Keunggulan




Deskripsi kelemahan




Kesimpulan Penilaian




Rekomendasi Perbaikan






8,STANDAR SARANA DAN PRASARANA


Komponen


Indikator

Tingkat Pencapaian Kinerja
Nilai
Bukti-bukti pendukung
penilaian

  • Kondisi sarana dan prasarana belajar
8.1 Memenuhi kebutuhan serta memberdayakan sarana dan prasarana
4
Sarana dan prasarana terpelihara dengan  baik sesuai rasio kebutuhan dan berfungsi sesuai dengan peruntukan, serta terinventarisasi


·         Kondisi keterpeliharaan dilihat dari catatan kegiatan pemeliharaan dan bukti kondisi lapangan.
·     Luas lahan dan bangunan dibandingkan dengan jumlah siswa.
·     Jadwal penggunaan sarana.
  • Administrasi inventaris madrasah



3
Sarana dan prasarana terpelihara sesuai rasio kebutuhan dan berfungsi sesuai dengan peruntukan namun tidak terinventarisasi


2
Sarana dan prasarana kurang terpelihara, berfungsi namun tidak sesuai dengan peruntukan, dan tidak terinventarisasi


1
Sarana dan prasarana tidak terpelihara, tidak berfungsi,  dan tidak terinventarisasi


Komponen
Keadaan

4
3

       2

     1


Ada
Tdk


1.                    
ruang kelas,











2.                    
ruang perpustakaan,




3.                    
laboratorium IPA,



4.                    
ruang pimpinan,



5.                    
ruang ustad/ustadah,



6.                    
tempat beribadah,



7.                    
ruang UKS,



8.                    
jamban,



9.                    
gudang,



10.                
ruang sirkulasi,



11.                
tempat bermain/ berolah raga.



12.                
ruang TU



13.                
ruang konseling



14.                
ruang ekstra kurikuler











8.2  Lahan madrasah  memenuhi
ketentuan sesuai standar nasional ustad/ustadahan
4
Luas  lahan melebihi 6 m2 per siswa.


·         Buku induk inventaris
·         Sertifikat/Dokumen kepemilikan lahan

3
Luas  lahan  6 m2 per siswa.

2
Luas  lahan  5 m2 per siswa.

1
Luas  lahan  4 m2 per siswa.


8.3 Bangunan madrasah   memenuhi ketentuan sesuai standar nasional ustad/ustadahan
          Luas  ruang kelas per siswa  melebihi 2  m2    
          Per siswa   

·         Hasil observasi



3
Luas  ruang kelas per siswa 2 m2 per siswa.




  2
Luas  ruang kelas per siswa 1,5 m2 per siswa.


1
Luas  kelas  per siswa 1 m2 per siswa.

8.4 Keamanan dan kenyaman madrasah
4
Seluruh areal madrasah bersih, indah,  nyaman, dan rindang

·         Hasil observasi


3
Madrasah bersih, indah, dan nyaman

2
Madrasah bersih dan nyaman

1
Madrasah kurang bersih, kurang nyaman dan kuran rindang



8.5 Kondisi gedung madrasah
4
Terpelihara dengan baik, kondisi gedung dalam keadaan baik

·         Hasil observasi

3
Terpelihara, sebagian kecil gedung dalam keadaan rusak

2
Kurang terpelihara, keadaan sebagian gedung rusak

1
Tidak terpelihara, sebagian besar gedung dalam keadaan rusak



8.6  Prosedur pengadaan sarana dan prasarana

4
Melaksanakan  program pengadaan  sarana  dan prasarana secara rinci  sesuai program kerja sesuai APBS

·         Dokumen pengadaan
·         RKAS
·         RKT
·         APBS


3
Melaksanakan  program pengadaan   sarana dan prasarana pada Program Kerja Tahunan tanpa dukungan dana yang terencana dan pasti


2
Melaksanakan   program pengadaan  sarana dan prasarana pada program kerja tahunan


1
Tidak  melaksanakan  rencana program pengelolaan  dan prasarana





CATATAN HASIL PENILAIAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA


Deskripsi Keunggulan



Deskripsi kelemahan



Kesimpulan Penilaian



Rekomendasi Perbaikan