Mengenai Saya

Foto saya
Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia
Dilahirkan dari Kakek dan Ortu seorang guru 49 tahun yang silam tepatnya 30 okt 59.menempuh pendidikan formal SD 71 SMP 74 SPG 77 Sarmud IKIP th 80 S1 86 Magister menejemen 96 di Jogyakarta.Pekerjaan gr SD 77 -80 Karyw. Cab Dinas Pendd 80 - 85 gr SPG 81 - 84 gr SMP 84 - 92 Ka sek SMP 93 - 2001 Ka sek SMA Kalitidu Bjn 2001 - 2008 Kasek SMA 3 Bjn 2008 - Mart 2009. Terpilih sebagai gr Teladan Nas. th 1992 dan mengikuti pendidikan pada Japan Foundation di Jepang th 1993 sebagai alumnus Japan Foundation Scholarship th 93 dan kini aktif sbg Ketua Takmir masjid Darul Fattah Bjn.bergabung dgn SNA Brain Based Support sejak 26 mart 09 dibawah pimpinan dr Obed.Berbagai pelatihan pengembangan bahan ajr, metode pembelajaran pengembangan kurikulum sekolah dan peletihan menejemen telah kami ikuti. Kesimpulan Saya pemerintah dan negara ini tak punya komitmen dan konsisten dalam penanaman investasi di bidang pendidikan apalagi setelah era OTODA terasa lebih megedepankan kepentingan kekuasaan sesaat. Semoga segera muncul politisi politisi yang NEGARAWAN.Kini kami diKaruniai tiga Orang putera dan puteri dari istri KHUSNUL KHOTIMAH yang sholehah dan sangat mensuport perjalanan hidup kami.

Rabu, 07 Oktober 2009

Apakah anda orang yang kreatif ? Ikuti i tip tip berikut

1. Orang kreatif, memiliki enerji fisik yang luar biasa, yang memungkinkan dia bekerja berjam jam dengan konsentrasi penuh, tetapi bisa tiba tiba rileks tergantung situasinya.
2. Orang kreatif biasanya cerdas dan cerdik tetapi pada saat yang sama bisa naif.
Dia memiliki kebijakan yang kadang seperti anak anak, wawasan yang mendalam terkadang muncul bersamaan dengan ketidak matangan emosional dan mental. Sehingga
dia spontan bereaksi atas sesuatu yang menimpanya.
3. Orang kreatif dapat berselang seling antara imajinasi dan fantasi, namun tetap bertumpu pada realitas.
4.Orang kreatif cenderung introversi dan ekstroversi. Dia bisa bersikap rendah diri dan bangga atas karyanya pada saat yang sama.
5. Orang kreatif cenderung terbuka,sensitif dan passionate. orang kreatif sering menderita, jika mendapat banyak kritik dan serangan, tetapi pada saat yang sama ia merasa gembira yang luar biasa dia juga cenderung mandiri dan suka MENENTANG ( PASSIONATE ).

Anda semua para kepala sekolah atau calon kepala sekolah perlu memunculkan ide ide kreatif demi kemajuan lembaga yang anda pimpin dan itu dimulai dari sekarang.

Senin, 05 Oktober 2009

Kenali diri anda dimana anda berpijak sebuah Catatan kritis atas kebijakan Dinas Pendidikan Kab. Bojonegoro.

"Bila anda sedang benar Jangan terlalu berani dan bila anda sedang salah jangan terlalu takut. Karena keseimbangan sikap akan menuntun perjalanan sukses anda "

Kenali dimana anda berpijak.
Siapa Kepala sekolah ?
Secara sederhana dapat didifinisikan Kepala sekolah adalah orang yang diangkat oleh pihak yang berwenang, untuk mengelola sekolah. Pihak yang berwenang ini boleh jadi pemerintah untuk kepala sekolah negeri dan atau yayasan bagi kepala sekolah swasta.
Siapapun yang mengangkat anda, ketika anda diangkat sesungguhnya anda telah terikat kontrak. Dengan kontrak itu tertulis atau tidak Anda bertanggung gugat untuk mengelola sekolah dengan baik.

Kendala !
Kepala sekolah saat ini melaksanakan tugasnya dalam iklim yang sangat krusial. Lingkungan tempat anda bertugas mengandung tuntutan dan tantangan yang UNIK
baik internal maupun eksternal.
Lingkungan Internal.
Saat anda bertugas atau ditugaskan di sebuah sekolah maka hal hal berikut akan anda alami :
1. Sekolah negeri maupun swasta didaerah umumnya mutu sumber daya baik Dana, Fasilitas maupun staf belum sebanding dengan tuntutan ideal visi maupun misi sekolah.
2. Ukuran lahan sekolah umumnya tidak memenuhi standar baku yang ditetapkan departemen Pendidikan Nasional.
3. Mapping atau penempatan lokasi sekolah yang umumnya tidak tepat ( khususnya sekolah sekolah baru ) karena penempatannya tidak disertai studi amdal dan patokan baku yang mendasarkan pada angka transisi maupun angka partisipasi.
3. Motivasi guru dan staf yang umumnya masih lemah.
5. Tidak ada rencana stratejik di sekolah.
6. Rasio peserta didik dan ruang kelas maupun ruang bebas yang tidak memadai.
7. Site plan dan lanscape yang kurang mempertimbangkan kenyamanan belajar.
8. Kuatnya posisi orang orang yang hanya ingin mempertahankan ststus Quo.
9. Dukungan kebijakan dari pemerintah, terutama pemerintah daerah saat ini selalu dikaitkan dengan kepentingan partai yang berkuasa di daerah ybs.

Lingkungan Eksternal.
1. Kritik dan tekanan dari sebagian politisi yang tidak proporsional, bahkan tidak sedikit politisi yang melakukan penetrasi atas kebijakan sekolah yang semata mata untuk tujuan menaikan popularitas pribadi semata.
2. Sikap apatis dan negatif dari masyarakat dalam menyikapi kebijakan sekolah akibat euforia yang dijual oleh politisi yang ingin mendapatkan dukungan publik.
3.Kuatnya arus opini yang dibangun oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab atas masalah substansial sekolah yang tidak begitu difahami.
4. dst.

Kepala sekolah dibanyak tempat berada dalam posisi yang sulit, karena mereka diharapkan mengelola proses pembelajaran yang berkwalitastetapi berada pada posisi keterbatasan, baik itu sumber dana, fasilitas, waktu, iklim kerja ( kebiasaan yang ada ) tuntutan staf, tuntutan orang tua dll.
Pendek kata seorang kepala sekolah harus pandai pandai bersikap pada posisi dimana dan bagaimana dia harus berdiri.

Problema !
Jabatan kepala sekolah bagi sebagian besar guru ( negeri ) adalah harapan karier.
Dalam kenyataan banyak diantara guru yang tadinya sangat bagus sebagai guru; menjadi tumpul setelah menjadi kepala sekolah.
Umumnya mereka tidak cocok mengemban tanggung jawab menejerial. Orang orang ( guru ) seperti ini telah mencapai puncak in kompetensi.
Bayangkan nasib sekolah sekolah jika dipimpin oleh seseorang yang tidak atau belum memiliki skill menejerial, mereka akan takut dan gamang memutuskan kebijakan.
Oleh karena itu kami sebagai pribadi sangat salut atas kebijakan yang diambil Dinas pendidikan Kab. Bojonegoro yang berupaya menjaring guru guru yang memiliki menejerial skill.
untuk direkrut sebagai kepala sekolah melalui seleksi bertahap yang obyektif profesional dan proporsional.
Inti dari tugas pokok kepala sekolah sebagai menejer adalah pengambilan keputusan.
Betapa tumpulnya kinerja sekolah kalau dipimpin oleh orang orang yang sudah tidak memeiliki kompetensi dimaksud.Kapan sekolah dapat beregulasi kearah kemajuan ? Realitas banyak kepala sekolah yang hanya ingin berada pada comford Zone . Bisakah anda menjadi kepala sekolah sekaligus menejer yang baik ? Jawabnya BISA !
SOLUSINYA KREATIFITAS DAN OPTIMISME.

" Orang orang yang pesimis selalu melihat kesulitan pada setiap kesempatan sedang orang yang optimis selalu melihat kesempatan pada setiap kesulitan "

Keberanian untuk mengambil resiko, karena mencoba hal hal yang baru adalah kunci keberhasilan. Seorang kepala sekolah dalam melakukan percepatan pengembangan dan pertumbuhan sekolah agar lebih bermutu.
Lalu kenapa banyak kepala sekolah belum mampu melalukan regulasi di sekolahnya ?.
Dalam hal ini rupanya ada banyak hal yang menghambat.
Beberapa hambatan tersebut antara lain :
1. Rasa takut, takutr gagal, takut salah, takut dimarahi, dan rasa takut lainya sangat menghambat seseorang berfikir kreatif. Tahukah anda bahwa orang orang besar di dunia sekses berkarya karena berkali kali gagal.
2. Rasa Puas
Bukan masalah yang menjadi hambatan, perasaan puas dan nyaman pun bisa jadi hambatan besar.
Orang yang sudah puas atas prestasi yang diraihnya, dan merasa nyaman atas kondisi yang dijalani seringkali terbutakan oleh rasa bangga dan puas tadi sehingga orang tersebut tidak terdorong untuk menjadi kreatif
mencoba hal hal yang baru, belajar sesuatu yang baru ataupun menciptakan sesuatu yang baru.
3. Rutinitas Tinggi.
Anda perlu menyisihkan waktu khususnya untuk mengisi kehausan anda akan kretifitas, misalnya dengan membaca buku, memperluas pergaulan, mengikuti perkumpulan perkumpulan diluar komunitas dan diluar profesi.
4. Kemalasan Mental
Malas mental adalah hambatan untuk berfikir kreatif. tidak heran jika orang yang malas menggunakan kemampuan otaknya untuk berfikir kreatif sering tertinggal dalam karier.
5. Stereotyping.
" Ketika semuanya tampak tidak berpihak pada anda. Ingatlah bahwa pesawat terbang bisa tinggal landas karena melawan arah angin " Henry Ford.
Lingkungan serta budaya disekitar kita sering membentuk opini atau pendapat umum, terhadap sesuatu yang jamak dilakukan orang.Sehingga banyak orang curiga dan kaget k atau bahkan membuat tuduhan atas sesuatu yang kita lakukan ketika apa yang kita lakukan itu tidak umum dilakukan orang.
Apa dan bagaimana ciri ciri orang kreatif dan apakah anda termasuk yang ini ?. bersambung pada tulisan berikutnya. trim.